9 Mei 2009

121 Negara Hadiri Konferensi Kelautan Dunia di Manado

Sekretaris Panitia : Habiskan Dana Sekitar Rp 380 miliar.



Manado, Greenpress-Penyelenggaraan Konferensi Kelautan Dunia (WOC) dan Pertemuan segitiga terumbu karang (Coral Triangle Initiative/CTI) di Manado, Sulawesi Utara telah menghabiskan dana sekitar Rp 380 miliar. "Sebagian besar dana itu adalah untuk pembangunan infrastruktur, sedang biaya penyelenggaraan hanya sekitar Rp 41 miliar," kata Indroyono Soesilo, Sekretaris Panitia Nasional WOC kepada pers di Manado, Jumat (8/5
Menurut Indroyono, alokasi dana pembangunan infrastruktur itu sebenarnya adalah program rutin lintas departemen untuk mendukung WOC dan CTI Summit.
Ia memberi contoh, dana pembangunan Bandara Sam Ratulangi diambil dari PT Angkasa Pura dan Dephub, demikian juga pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya dari Departemen PU. "Sedangkan biaya penyelenggaraannya sendiri hanya Rp 41 miliar, dimana Rp 30 miliar dari Departemen Kelautan dan Perikanan dan Rp 11 miliar dari Pemda Sulut," ujarnya,seperti dikutif kompas.

Karena pemerintah membangun infrastruktur, maka pihak swasta tertarik untuk berinvestasi seperti membangun hotel dan sarana serta fasilitas untuk wisata MICE (meeting, incentive, conference, exhibition). "Jumlah investasi swasta di Sulut menjelang dan terkait penyelenggaraan WOC ini telah mencapai hampir Rp 1,5 triliun," ujarnya.

WOC dan CTI Summit akan digelar di Manado tanggal 11-15 Mei 2009 dengan pusat kegiatan di Grand Kawanua Convention Hall yang akan diikuti oleh para pakar perikanan, kelautan dan lingkungan dari 121 negara serta sejumlah kepala pemerintahan. (Andi.E.Effendy)


Tidak ada komentar: